Rabu, 26 Januari 2011

ANEKDOT SAKAMOTO RYOMA

Diposting oleh re di 04.43
Pernahkah anda mendengar nama Sakamoto Ryoma?. Kalau menilik namanya tidak salah pasti orang Jepang. Anda Benar. Tapi siapakah dia?. Sekelumit tentang dia akan aku jelaskan berikut ini sebelum anda , aku bawa ke dalam anekdotnya.

Sakamoto Ryoma memainkan peranan yang vital di  era revolusi menjelang restorasi Meiji di Jepang. Dialah tokoh penting yang menggerakkan revolusi Jepang untuk lepas dari kekuasaan feodal ke-shogun-an, menjadikan Jepang sebagai negara modern dibawah konstitusi kekaisaran. Pemikirannya tergolong progresif untuk ukuran Jepang saat itu. Pada umur 20 tahun dia sangat terinspirasi oleh kebudayaan Eropa dan berpikir bahwa Jepang mesti berada di level yang sama dengan Eropa, melalui pembangunan kekuatan armada lautnya. Dialah yang berperan menyatukan dua klan berpengaruh yaitu Satsuma dan Chosu, dan menjadikan mereka sebagai kekuatan untuk melawan pemerintahan ke-shogun-an yang telah berurat berakar kurang lebih seribu tahun di Jepang. Kiprah Sakamoto Ryoma berlanjut dengan mendirikan sebuah organisasi yang bernama “Kaientai” , merupakan kombinasi perusahaan jasa perkapalan dan armada laut. Organisasi ini, sesuai dengan cita-citanya  bertujuan untuk melatih pemuda handal Jepang dalam bahasa dan navigasi laut. Sakamoto Ryoma menelurkan gagasan-gagasan brilian  untuk kemajuan Jepang di masa modern seperti misalnya, dia mewacanakan pembuatan konstitusi dasar Jepang, perlunya amandemen perjanjian perdagangan dengan negara asing, dan perlunya perbaikan sistim keuangan nasional. Dan terakhir, tindakan Ryoma yang bersifat historis sepanjang masa, adalah penerapan hukum internasional untuk kecelakaan laut untuk pertama kalinya di dalam wilayah Jepang, ketika armada kapalnya bertabrakan dengan armada kapal lain di laut Jepang. Sayang Ryoma tidak berumur panjang dan tidak melihat Jepang menggapai puncak kejayaan nasionalnya di bawah restorasi Meiji. Nyawanya banyak diincar oleh musuh-musuhnya. Setelah melewati beberapa kali usaha pembunuhan yang gagal. Akhirnya dia mati terbunuh oleh lawan-lawannya kaum feodal kelas samurai pendukung shogun,  di sebuah penginapan di Kyoto.

Berikut anekdotnya yang terkenal yang menggambarkan pemikirannya jauh berada di depan.
Suatu ketika dia bertemu dengan seorang kawannya yang membawa pedang panjang di pinggangnya. Dia tertawa terbahak-terbahak. Katanya “kawan, pedang panjang itu tidak berguna lagi sekarang, kalah dibandingkan dengan pedang pendek ini” seraya menunjukan pedang pendek yang tersemat di pinggangnya.  Kawannya itu lalu pulang dengan penasaran. Keesokan harinya kawannya ini menyematkan pedang pendek di pinggangnya, dan sengaja mencari Ryoma untuk menunjukannya. Setelah bertemu, Ryoma kembali tertawa terbahak-bahak, melihat kelakuan temannya. Setelah tawanya reda, Ryoma mencabut pistol kecil dari balik bajunya. Katanya, “Kau lihat ini kawan. Ini senjata yang paling moderen milik orang-orang eropa. Pedang kecilmu itu tidak ada gunanya lagi”. Kawannya ini balik lagi ke rumah dengan penasaran. Esok harinya di kembali mencari Ryoma. Setelah ketemu, tanpa basa-basi langsung dicabutnya pistol dan ditunjukan ke Ryoma. Lagi-lagi Ryoma tertawa terbahak-bahak sampai  keluar air matanya. Setelah reda, dia menepuk-nepuk bahu kawannya. Katanya, “kawanku ketahuilah zaman  konflik bersenjata itu sudah usai, kita tidak perlu senjata lagi untuk melawan musuh kita. Kita hanya perlu ini”. Katanya seraya mengeluarkan kitab undang-undang hukum internasional di tangannya.
 

BIG BLOG OF HOAX Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez