Rabu, 26 Januari 2011

ADA YANG TAHU KEPANJANGAN WC?

Diposting oleh re di 07.46
Ketika kita sudah lama meninggalkan dunia bangku sekolah terutama sekolah dasar maka berbagai macam singkatan tidaklah begitu diingat atau lupa. Karena kita sudah dihadapkan pada dunia kerja. Hanya orang-orang tertentu saja yang mungkin tahu karena memang bekerja dalam bidang bersangkutan. Misalnya: guru, dosen, wartawan dan lain sebagainya yang memang dituntut harus tahu.

Bermula tentang obrolan makan siang dengan teman sekantor beberapa bulan yang lalu mengenai kata WC yang entah dimulai darimana obrolan tersebut menglir begitu saja. Ada beberapa sebuah singkatan yang sering dipakai tapi jarang orang mengetahui kepanjangan serta asal usul bahasa tersebut, ataupun kepanjangan dari singkatan tersebut yang selama ini kita tahu ternyata salah. Sebagai contoh WC, BH, VIP dan lain-lain.
Hampir semua teman-teman termasuk saya sendiri tidak tahu kepanjangan dari itu semua. Rencananya selesai makan siang langsung kita cari jawabannya dengan browsing di internet. Tapi malah jadi lupa karena kesibukan kerja masing-masing.

Ketika lagi iseng buka kamus umum populer yang sejak pertama saya beli belum pernah dibaca hahaha…Saya menemukan beberapa singkatan yang sering digunakan atau didengar tapi jarang yang mengetahuinya.

Memang mengetahui kepanjangan dari singkatan itu tidaklah penting, sekedar tahu saja tentang asal mula atau ada kompasioner lupa maka saya tulis ulang.

1. WC = Water Closet (Inggris)
Artinya: khusus , tempat buang kotoran, tempat buang hajat besar.
2. BH = Buste Houder (Belanda)
Artinya: Penyangga payudara, kutang wanita.
3. OK = All Correct (Inggris)
Tapi dalam perkembanganya tulisan OK disesuaikan dengan bahasa Indonesia yaitu C dibaca K. Artinya: semuanya beres, bereslah (semuannya), tidak ada, tidak terjadi apa-apa.
4. VIP = Very Important Persons (Inggris)
Artinya: orang penting, pejabat, orang besar, orang gedean, pembesar.
5. NN = Nomen Nescio (Latin)
Saya kira kepanjangan dari ”no name”, ternyata bukan. Artinya: Zonder nama, tanpa nama, tidak ada namanya, tanpa menyebutkan namanya.
6. LASER = Lingh Amplifiation by Stimulated Emmission of Radiation (Inggris)
Artinya: sinar yang dapat menembus benda-benda besar.
7. VW = Volk Wagen (Belanda)
Artinya: Kendaraan rakyat, kereta rakyat, alat pengangkutan untuk rakyat.
8. Nazi = National Sozialismus (Jerman)
Artinya: Golongan aliran politik di negeri Jerman sebelum perang dunia II yang berhaluan nasionalis sosialis-semboyan yang terkenal adalah ein volk, ein reich und, ein fuhrer (satu bangsa, satu pemerintahan,satu pemimpin).
9. HVS = Hout Vrij Schrift (Belanda)
Artinya: (nama) jenis kertas yang biasanya dipakai untuk buku tulis.
10. NB = Nota Bene (Belanda)
Artinya: tambahan-tambahan yang biasanya dicantumkan pada akhir surat.
Sumber: Kamus Umum Populer Bahasa TV, Majalah, Surat Kabar dan Mass Media lainnya-400 hal. Y.P Puspa.
 

BIG BLOG OF HOAX Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez